katalog produk

10 Fungsi & Contoh Katalog Produk 2019

Katalog produk adalah upaya pemilik produk baik perusahaan yang bergerak di bidang consumer goods maupun jasa untuk mengklasifikasikan produk-produknya menjadi satu kesatuan folder berdasarkan kategori.

Upaya pengklasifikasian ini bisa berbentuk rangkuman catatan produk yang diproduksi untuk kalangan internal perusahaan, maupun berbentuk media cetak semisal list produk, katalog produk dirangkum dalam format majalah, buku saku, maupun hard copy.

Konten yang mengisi pada katalog produk umumnya hanya deskripsi produk, benefit yang didapat, variasi produk dan harga.

Yang membedakan katalog produk satu dengan yang lainnya adalah pada konsep desain dan layout, layout dan desain pada katalog produk tergantung dari jenis industri yang menggawanginya, jika industri tersebut bergerak di bidang kecantikan maka katalog akan lebih soft, cerah dan elegan.

Hal yang berbeda jika produk bergerak di bidang industri metalurgi maupun otomotif, kesan yang ditampilkan cenderung rigid (kaku), kekar, kokoh, kuat, gegas & mantap.

Kesemua proses katalog penghujungnya membutuhkan promo salah, satunya adalah melalui brosur percetakan, karena dengan promo distribusi katalog yang tersebar kepada konsumen lebih ter-akselerasi.

Fungsi & Keuntungan Mengkatalogkan Produk

Salah satu fungsi pengatalogan produk adalah untuk memudahkan pembaca mencari produk yang sesuai dengan kebutuhannya sesuai dengan industri yang ia butuhkan.

Dengan pengatalogan produk, anda dapat mudah mengkondisikan customer service maupun sales representatif untuk menjelaskan aspek teknis dan benefit yang didapat ketika pengunjung datang ke salah satu stand atau kantor cabang anda.

Perusahaan harus mengadakan pelatihan kepada karyawan di bagian sales untuk mengenalkan jenis produk yang ada di katalog, baik produk yang masih berjalan maupun produk-produk baru yang di release agar sales representative dapat dengan mudah menjawab pertanyaan konsumen yang tertarik tentang produk tersebut.

Keuntungan lainnya adalah dengan adanya katalog produk, perusahaan secara tidak langsung mengedukasi calon pelanggan dan “oleh-oleh” yang diberikan kepada pelanggan tersebut akan juga berpengaruh kepada orang disekitarnya ketika dibawa pulang dan dibaca.

Efek tidak langsung ini juga menjadi multiplier efek untuk perusahaan, karena bisa saja calon pelanggan tersebut tidak tertarik akan produk ditawarkan namun dengan adanya “oleh-oleh” katalog produk orang disekitarnya lebih tertarik dan melakukan pembelian.

Contoh Katalog Produk

Industri Kecantikan

Seperti telah disinggung di atas, industri ini menggunakan variasi katalog produk menggunakan warna-warna soft dan terkesan lebih anggun, paduan font maupun layout dibuat dengan tempo yang lebih flow dan lebih menonjolkan sentuhan akhir halus pada image model yang disertakan.

Industri Otomotif

Pada industri ini katalog lebih ditonjolkan dengan bentuk yang lebih gegas, warna-warna yang ditampilkan menampilan kekokohan dan kekuatan seperti abu-abu muda, silver soft dan ungu tua metalic, hal ini menunjukan agar pembaca merasakan kekuatan dan keindahan design.

Selain profesionalitas dan keindahan desain produk otomotif yang ditonjolkan pada tampilan awal produk, namun aspek teknis akan sangat mempengaruhi tampilan katalog, hampir semua produk-produk otomotif & juga produk elektronik selain menyertakan keindahan desain, aspek teknis juga dimuat dalam katalog.

Industri Pendidikan

Meski secara keseluruhan industri ini berfokus hanya pada upaya pengenalan sekolah, aspek pendidikan maupun fasilitas yang ada dan berakhir pada media cetak seperti brosur, namun industri pendidikan tidak melulu bicara modul pendidikan namun pelengkap pendidikan seperti peraga mempunyai fungsi sama pentingnya.

Alat peraga pada industri pendidikan memainkan peran penting untuk mengatasi gap pengetahuan antara murid dan guru, dengan adanya alat peraga murid lebih mudah untuk memahami teori dan tugas yang disampaikan.

Katalog ini meski tidak tersebar secara meluas namun umumnya insan pendidikan memiliki akses kepada produsen alat peraga dengan berbagai variasinya.

Selain katalog industri ini juga sering menggunakan brosur sebagai media informasi maupun promo seperti  contoh brosur ini. Industri pendidikan berupaya untuk memasarkan sistem pendidikan di sekolahnya maupun mengenalkan fitur baru alat bantu didik.

Industri Obat-obatan

Selain industri rumah tangga, industri yang satu ini memiliki kompilasi yang paling komplit tentang jenis produk yang dihasilkan baik fungsi, aspek teknis obat, pemakaian dan kontra indikasi.

Katalog ini tersebar melalui medical representative kepada kalangan medis semisal dokter praktek maupun rumah sakit umum

Industri Pangan

Variasi katalog pada industri pangan amat sangat beragam, mulai dari jenis pangan untuk hewan baik hewan rumahan maupun ternak, juga untuk manusia dengan variasi yang bermacam-macam.

Industri pangan merupakan industri paling besar karena berhubungan dengan eksistensi makhluk hidup, oleh karena itu para produsen berlomba-lomba membuat katalog terbaik untuk disebar kepada konsumen maupun industri penyangga.

Adakalanya Industri besar tidak menyebarkan katalog utama kepada end user namun hanya disebar kepada industri penyangga, misal untuk industri panganan hewan, produsen besar menyebar katalog produk dengan detail harga beserta produk juga benefit hanya untuk industri penyangga seperti pengembang biakan hewan untuk jenis tertentu.

Proses pengkatalogan pada industri pangan bisa juga dibarengi dengan proses promosi seperti penyebaran brosur makanan dengan catatan bahwa promo tersebut harus berisi ajakan untuk membeli produk & distribusi katalognya.

Industri Rumah Tangga

Industri rumah tangga pada umumnya meliputi perlengkapan rumah tangga dan beberapa variasi mencakup kebersihan dan kerapian alat rumah tangga.

Industri Elektronik

Industri ini mencakup seperti halnya industri pangan, ragam variasinya luar biasa banyak, dan banyak bersinggungan dengan industri lainnya.

Industri elektronik tidak berdiri sendiri namun terkadang co creation dengan industri lain, misal dengan industri olahraga seperti lapangan, lapangan futsal dengan lapangan bola juga lapangan basket baik indoor maupun outdoor mempunyai spek yang berbeda, hal ini didasarkan oleh kebutuhan industri olahraga terhadap pencahayaan.

Industri Interior

Meski sebanyak variasi dengan industri lain, industri ini memain peran signifikan untuk keindahan ruang dan psikologi warna juga mempengaruhi sangat mempengaruhi industri ini.

Perusahaan cat maupun perusahaan pelengkap seperti bangku dan meja memainkan peran psikologi ruang sesuai dengan konsep dan feel yang diinginkan.

Industri Pengolahan Makanan

Industri ini merupakan pengerucutan dari industri pangan, industri ini lebih banyak bergerak di sektor makanan jadi (frozen food), maka umumnya katalog dari industri ini lebih berisi konten makanan cepat saji.

Industri Tekstil

Industri tekstil merupakan industri yang besar, karena salah satu dari kebutuhan tersier manusia.

Industri tekstil membagi dirinya kedalam beberapa kategori seperti pengolahan bahan baku, pakaian siap pakai, fashion industri.

Artikel Lainnya :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
0 Shares
Share
Tweet
Share
Share