contoh brosur produk

Contoh Brosur Berdasar Kategori Terlengkap 2020

Brosur merupakan salah satu jenis komunikasi yang sering ketemu di sekitar kita, brosur seringkali bermuatan yang sifatnya informatif, apakah itu menunjukkan sebuah event, promo produk, iklan, maupun propaganda, banyaknya variasi contoh brosur yang ada menandakan bahwa brosur merupakan pilihan favorit media komunikasi yang bersifat offline, karena brosur tersebar melalui distribusi orang per orang

Bentuk brosur yang paling pas adalah ukuran A4, ukuran ini menjadi pilihan yang banyak di cetak untuk disebar di tengah khalayak ramai karena ringkas dan mudah dibawa, juga ukuran tersebut membuat isi redaksi pada brosur dapat dengan mudah dimuat sesuai dengan bentuk layout  tanpa harus mengalah pada ukuran font yang kadang menghalangi keterbacaan isi pada brosur.

Hal Yang Membuat Brosur Lebih Menarik

Karena brosur merupakan media komunikasi offline, brosur memiliki audience yang lebih luas bahkan terkadang karena terlalu luasnya brosur bisa menyasar hampir ke seluruh usia demografi, satu-satunya yang membedakan adalah penempatan dimana brosur itu dibagikan maupun di tempel.

Hal diatas ini membuat brosur memiliki kompetisi yang sengit, bisa dibayangkan jika ada beberapa jasa/produk yang sama dengan creative yang berbeda dan kebetulan salah satu channelnya adalah offline melalui brosur dan hampir berdekatan tempat penyebarannya, maka konsumen yang mendapati beragam brosur tersebut akan lebih tertarik kepada brosur yang mampu untuk stand out, beda dan unik dengan yang lain.

Maka sangat penting bagi tim kreatif untuk menyusun komposisi brosur baik dari sisi kreatif copywriting, maupun design & layout, juga proses cetak brosur hal ini diperlukan jika ingin menyentuh calon buyer dari sekedar awareness menjadi engage lalu kemudian lanjut ke selling. Untuk itu diperlukan beberapa hal dibawah ini agar brosur terkesan wah…

contoh brosur natural

Design & Layout Brosur

Design & layout haruslah dibuat se-proporsional mungkin untuk menampung komposisi text (copywriting), font harus disesuaikan dengan ukuran kertas & layout pada text, karena dengan demikian keterbacaan text lebih baik,  jika proses ini diteruskan dengan  mencetak seperti contoh brosur ini maka proporsi merupakan hal yang  amat penting.

Sebelum di desain lebih lanjut dan lebih kompleks sebaiknya cek terlebih dahulu ukuran text dan perkirakan ukuran nyaman pembaca, jika audiens anda remaja & dewasa ukuran font body text 10 – 14 pun tak akan menjadi masalah, lain halnya jika audience anda adalah usia paruh baya, maka tingkat keterbacaan akan lebih rendah apabila body text menggunakan font dibawah 12.

Oleh karenanya kami sering menyarankan agar designer membuat mockup text terlebih dahulu untuk menentukan sejauh mana tingkat keterbacaan berbanding dengan audiens yang akan dituju, atau jika anda mendesain brosur untuk klien sebaiknya diskusikan terlebih dahulu jenis font, ukuran font dan audiens yang dituju juga pesan yang ingin disampaikan.

Hal ini perlu dilakukan agar jangan sampai ketika anda sudah mendesain pada tahap akhir, anda harus merubah total keseluruhan text dan yang lebih buruk lagi kreatif copywriting harus diubah karena text tidak tercakup pada layout.

Selain dari font, layout juga memiliki peran yang tidak kalah pentingnya sebagai penunjang keseluruhan desain, kamu harus memikirkan terlebih dahulu proses layout bersamaan dengan brainstorming pesan yang akan disampaikan, karena biasanya sebelum mendesain di PC/Mac oret-oretan diatas kertas akan menentukan, jenis layout apa yang akan dipilih, font, warna, copy & komposisi. Jika semua sudah pas layout di PC/Mac akan lebih mudah.

Layout Brosur

Redaksi & Slogan

Untuk menjadikan brosur standout, beda & unik dengan lainnya yang diperlukan selain layout & desain adalah slogan yang brilian, karena tipikal media komunikasi seperti brosur, hanya membutuhkan waktu 3-5 detik sebelum orang mematung untuk mengamati lebih lanjut atau memalingkan pandangannya.

Waktu yang sedemikian cepat (3 – 5 detik) harus diperhitungkan sedemikian rupa agar pandangan pertama langsung “kecantol”. Prinsip pandangan pertama ini menjadi penting karena hampir setiap hari kompetitor berlomba untuk memenangkan hati & kepala konsumen dari berbagai arah chanel.

slogan brosur

Slogan yang “wow” mengandung unsur-unsur out of the box, beda dengan biasanya, sedikit agak “nakal” dan menabrak pandangan pada umumnya, hal ini dapat dilakukan jika kamu mengolah komposisi kata-kata dengan cermat, padanan yang berkebalikan &  sesuai dengan pesan yang akan dituju.

Setelah slogan ditemukan & pas dengan pesan yang dituju, langkah selanjutnya adalah dengan menguatkan slogan tersebut dengan redaksi menggugah, emosional juga friendly, hal ini dibutuhkan agar brosur kamu engage dengan pembaca, fungsi slogan adalah untuk mematok perhatian sedang redaksi adalah menguatkan slogan & engage dengan pembaca.

Kreativitas

Kreativitas adalah salah satu yang sangat diperlukan ketika kamu mendesain brosur, karena seluruh unsur pada brosur memerlukan kreatifitas, tanpanya brosur akan terasa hambar, normatif juga pasif, tak ada keunikan disana.

Meski brosur hanya dibalut plain color (warna dasar) juga monolog semisal hitam, hijau, abu-abu, namun kreativitas dapat membentuk warna monolog menjadi suatu hal yang unik, kreativitas bermain warna monolog maupun full dapat dijabarkan sebagai berikut :

Hitam Putih

Membuat brosur pada plain color (warna dasar) merupakan tantangan tersendiri, karena mendesain menggunakan warna monolog yang tak mempunyai komposisi apapun selain bermain text layout, redaksi & slogan yang kuat.

Kekuatan warna monolog adalah pada fokus, karena orang akan melihat nuansa datar keseluruhan dan membuat mereka hanya terfokus pada permainan layout, oleh karena itu pengayaan mendalam tentang jenis-jenis layout dan text serta komposisi keduanya merupakan hal yang mutlak.

Contoh Brosur Berdasar Kategori Terlengkap 2020

Warna monolog jika dikelola dengan baik dapat membuat nuansa keunikan melekat pada layout, dan juga arah mata pembaca tidak terlalu dibebankan dengan elemen-elemen visual yang bertebaran di ruang garis desain.

Warna monolog juga memiliki feel engage yang lebih dalam, fokus pada text dan susunannya dan diakhiri oleh body copy membuat pembaca lebih terasa dalam dalam memahami suatu pesan daripada desain full color namun elemen-elemen nya tak terkait satu sama lain.

Full Colour

Lawan dari monolog adalah full color, full color merupakan aksentuasi pada desain brosur yang membutuhkan komposisi dinamis, dengan full color desainer dapat dengan bebas mengkreasikan karyanya tanpa ada batasan-batasan warna.

Jika pada warna monolog desainer dituntut untuk berkreasi di area yang sempit, maka sebaliknya pada full color ino desainer dituntut untuk berekspresi sebebasnya.

Kedua jenis kreativitas warna ini mempunyai tantangan tersendiri, disatu sisi meski warna monolog bergerak ke arah titik sempit (fokus) namun desainer tak terbebani dengan pemilihan gambar, atau shooting foto untuk mendapatkan pesan yang sesuai dengan draft desain.

Sisi lain dari kreatifitas full color adalah desainer dituntut untuk mengkreasikan imaging, gambar atau foto yang mendukung penuh pesan, terkadang imaging ini membutuhkan teknik & ruang khusus untuk mendukung aksentuasi pada pesan yang tak bisa dilakukan dengan menggunakan software grafis.

Ukuran & Bahan Brosur

Pada umumnya brosur berukuran A4, namun beberapa konsumen menghendaki brosur dengan ukuran-ukuran lain seperti, A5, ⅓ A4, maupun yang tak lazim ukuran A6.

Pemilihan ukuran brosur sangat penting diperhatikan ketika pertama kali kamu akan memulai tahap brainstorming (olah gagasan), karena ukuran ini akan membentuk persepsi akhir layout & jenis serta ukuran text, ukuran ini juga akan menjadi vital jika tidak dipilih secara cermat diawal sebagaimana yang dijelaskan di atas, kita akan dipaksa merevisi total sebuah desain jika isi text dan elemen lain tidak sesuai ekspektasi.

ukuran-brosur

Tips untuk memilih ukuran desain adalah dengan cara memperhatikan terlebih dahulu pesan yang akan disampaikan, juga jumlah kata yang kira-kira mencakup body text penjelasan dari pesan tersebut, jenis layout yang dipilih, juga budgeting,  jika kamu akan meneruskan desain tersebut kedalam bentuk cetak.

Sedang untuk bahan brosur, umumnya klien kami menggunakan jenis kertas Art Paper selain dari HVS, Art paper memiliki keunggulan dimensi cetak, yakni material kertas art paper akan membuat cat cetak tertahan di atas kertas, berbeda dengan HVS kertas cenderung menyerap kertas.

Art paper akan lebih tegas & jelas ketika di cetak, terutama dengan mesin cetak yang menggunakan komposisi alkohol pada proses cetaknya, kertas cetak yang dihasilkan lebih mengkilap dan cepat kering.

Ragam Contoh Brosur :

Brosur Perumahan

Brosur jenis ini banyak kita temui di berbagai stand gerai perumahan di berbagai titik pembelanjaan. Brosur jenis ini umumnya bersifat informasi teknis bangunan rumah, lokasi & list harga, satu-satunya daya tarik dari jenis brosur ini adalah promo diskon maupun lokasi fasilitas umum, pendidikan di sekitar.

Brosur Sekolah

Brosur ini merupakan jenis brosur promo, dan biasanya kita lihat di berbagai pameran-pameran pendidikan, baik pesta buku, maupun pameran pendidikan luar negeri. Karena jenis brosur ini tidak dibagikan secara masal & hanya pada event-event tertentu, juga hanya dipakai untuk konsumsi internal promo murid baru, maka pihak sekolah hanya memproduksi beberapa dalam setiap tahunnya.

Brosur Properti

Brosur properti hampir sama dengan brosur perumahan, namun konten brosur properti lebih luas, mencakup apartemen dan rumah tapak. Brosur ini biasanya tidak disebarkan massif dan hanya untuk konsumsi internal calon konsumen yang datang ke kantor agen properti.

Brosur Makanan

Seringkali kita temui jenis brosur makanan ini di berbagai kantin maupun sebagian restoran, juga kedai kaki lima. Jenis brosur ini umumnya berisi tentang promo produk maupun pengenalan produk baru, juga seringkali di sisipi sobekan kupon diskon di sela-selanya.

Brosur Minuman

Umumnya brosur jenis ini sering kita temui di berbagai sudut ibukota, utamanya brosur selebaran yang dibagikan oleh sales promotion girl (SPG), biasanya brosur minuman ini digunakan untuk memperkenalkan jenis minuman baru yang baru diluncurkan atau dalam istilah marketing kita kenal dengan building awareness.

Brosur Promo

Brosur promosi merupakan jenis brosur umum, kadang karena terlalu banyak jenis brosur ini kita hampir setiap saat menemukannya dijalanan, baik yang tercecer, tertempel, maupun dibagikan.

Brosur jenis lebih banyak menampilkan gambar & text yang lebih menonjol daripada redaksi text. Karena terlalu banyaknya brosur promo yang juga kompetitor maka brosur ini harus bersifat tajam dan mengikat pandangan.

Brosur Pendidikan Non Formal

Meski beberapa brosur pendidikan tersebar hanya di event-event tertentu untuk menarik pengunjung, brosur pendidikan non formal yang umumnya diselenggarakan oleh pemerintah daerah langsung atau lembaga yang bekerjasama dengan pemerintah daerah lebih bernuansa informasi dan textual.

Brosur pendidikan non formal lebih mengedepankan redaksi text & kumpulan informasi serta teknis penyelenggaraan, maka brosur ini cenderung lebih standar dan konservatif

Brosur Salon

Meski tidak banyak ditemukan brosur yang mempromosikan salon, mencakup jasa & produk kecantikan lainnya, namun brosur ini hanya disebar melalui jalur internal yakni di sisip atau ditaruh di sudut yang mudah dilihat untuk diambil oleh konsumen.

Brosur ini meski lebih variatif tapi hanya menunjukan bentuk teknis, proses serta harga tanpa ada redaksi yang lebih detail, fungsinya agar penerima brosur lebih tertarik & masuk kedalam salon untuk menanyakan lebih lanjut fungsi serta jenis jasa yang ditawarkan.

Brosur Rumah Makan

Brosur rumah makan sebagaimana brosur salon dan brosur yang serupa, tidak dimaksudkan untuk dibagi ke khalayak ramai namun hanya untuk pengunjung, brosur rumah makan seringkali hanya berupa daftar menu beserta harga juga promo yang ada

Brosur Real Estate

Brosur ini mencakup konten lebih luas daripada brosur perumahan, karena jenis brosur ini memetakan bentuk cluster keseluruhan bidang bangunan.

Jika anda menerima brosur ini anda tidak akan menerima hanya satu lembar saja namun beberapa lembar info tambahan untuk penjelasan produk real estate secara keseluruhan.

Brosur Laundry

Brosur ini dikhususkan untuk memberi informasi kepada pengunjung layanan yang diberikan juga harga khusus untuk konsumen tetap.

Terkadang pemilik laundry hanya mencetak dengan posisi 1 muka (4/0) karena selain untuk menghemat namun hanya remedial bagi konsumen lama bahwa ada diskon khusus diberikan pada kuantitas tertentu & promo khusus konsumen reguler.

Brosur Bimbel

Brosur bimbel meski masih sejuruh dengan brosur pendidikan, namun konten pada brosur ini bertolak belakang dengan brosur pendidikan. Jika brosur pendidikan hanya bersifat menginfokan kegiatan, prasarana & umumnya diproduksi pusat informasi, namun pendidikan nonformal cenderung menggunakan konten bersifat promo.

Brosur Universitas

Brosur ini selayaknya brosur bimbel dan pendidikan mengandung dua jenis konten, konten informasi bisa digunakan untuk memberitahu kegiatan dan proses belajar di universitas, konten promo berisi promosi event & penerimaan siswa baru, juga beasiswa.

Brosur Mobil

Brosur mobil adalah jenis brosur promo yang penggunaanya hanya untuk menawarkan jenis mobil keluaran terbaru dan juga promo diskon dan gebyar hadiah.

Brosur ini disebar tidak di sembarang tempat namun biasanya di titik tertentu seperti toserba dan pusat perbelanjaan.

Brosur Ramadhan

Brosur ramadhan adalah jenis brosur seasonal dan tergantung perusahaan atau instansi apa yang mencetak jenis brosur ini, karena bisa bersifat informasi dan juga promo, bersifat informasi biasanya kita temukan di beberapa titik rumah ibadah, fungsinya adalah untuk memberitahu pengunjung akan adanya jadwal penceramah maupun kegiatan seputar ramadhan

Brosur promosi pada menjelang ramadhan umumnya dicetak oleh perusahaan produk consumer goods & apparell dalam negeri untuk memberitahu/memberi promo khalayak akan produk terbaru yang sesuai dengan tema ramadhan.

Brosur Handphone

Brosur ini jika dikaitkan dengan pengunjung yang datang ke counter HP maka yang ditemui adalah jenis brosur informasi yang bersifat teknis & fitur-fitur yang menarik, akan tetapi biasanya brosur HP jika ditempatkan pada event maka isi brosur lebih banyak promo menarik.

Brosur Motor

Dari segi penempatan dan penyebaran, jenis brosur motor mempunyai beberapa bentuk, bisa berupa list harga, promo, maupun informasi teknis.

List Harga biasanya didapat pengunjung maupun disebarkan oleh dealer setempat untuk menginformasikan harga kepada orang banyak.

Promo biasanya didapat pada stand event produsen pemegang merk untuk memberitahu khalayak ramai akan peluncuran produk motor terbaru.

Sedang Informasi teknis merupakan jenis brosur yang dicetak, disupervisi dan di distribusi oleh kantor pusat untuk dealer-dealer utama pada kota tempatan.

Brosur Apartemen

Brosur apartemen merupakan brosur yang satu paket dengan brosur real estate, jika real estate kita dapat mengetahui gambaran besar cluster yang akan dibuat, brosur apartemen merupakan bagian dari cluster tersebut.

Selain dari apartemen, jika pengembang membuat blok, maka kita satu brosur lagi yang akan menyertai yakni brosur perumahan, para pengembang menamakan hal ini sebagai superblok.

Brosur Pesantren

Meski jarang diproduksi dan lebih banyak untuk kalangan sendiri, brosur pesantren ini diperlukan untuk mempromosikan dan menginformasikan pendidikan di pesantren terkait.

Hal ini penting dilakukan karena banyak pendidikan non formal  yang melahirkan output terdidik & juga kompeten kadang tidak terinformasi dengan baik oleh banyak kalangan.

Brosur Komputer

Jika kamu penggemar teknologi dan khususnya hardware, maka pada event tertentu kamu pasti akan mengoleksi brosur pada stand yang berbeda.

Hal ini dilakukan biasanya agar kamu dapat memilih, memilah antara produk dan stand, menghitung sesuai dengan budget yang ada, ketika sudah mantap langkah selanjutnya adalah membeli sesuai list hitungan tersebut.

Jika anda berada pada suatu event pameran komputer atau pusat perbelanjaan komputer, tidak berusaha untuk menjadi konsumen cerdas dan tidak mempunyai informasi yang cukup dan tidak membuat list daftar buruan maka biasanya akan kecewa.

Brosur Buku

Jenis brosur ini biasa ditemukan di pameran buku, tidak hanya menginformasikan harga maupun judul buku, namun jika pameran tersebut mengadakan kegiatan berseri, maka tambahan poster serta brosur pameran pun tersebar.

Juga penerbit maupun toko buku besar akan lebih gencar untuk meluncurkan buku-buku baru, produk yang terkait maupun brosur promo diskon besar-besaran pada pameran tersebut.

Brosur Ruko

Brosur ini satu paket dengan brosur real estate dan merupakan bagian dari cluster block real estate, karena bersifat transaksional, umumnya ditempatkan di depan jalan dan perumahan.

Brosur ruko akan menginformasikan calon pembeli dengan spek teknik dan harga serta benefit yang didapat dan juga konsumen calon pembeli akan mendapatkan jenis brosur ini tersisip oleh brosur utama real estate.

Artikel Lainnya :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
0 Shares
Share
Tweet
Share
Share